Untuk lebih meningkatkan kinerja dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) serta pelayanan terhadap institusi baik internal maupun eksternal, Fakultas Teknologi Pertanian UGM mengadakan pelatihan pelayanan prima bagi tenaga kependidikan di Auditorium Kamarijani Soenjoto, Rabu (18/7) kemarin. Acara pelatihan yang diikuti seluruh tenaga kependidikan tersebut dibuka oleh Dr. Kuncoro Harto Widodo, STP., M.Eng selaku Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, Sumber Daya Manusia, dan Sistem Informasi. Dalam sambutan pembukanya Dr. Kuncoro Harto Widodo menyampaikan bahwa pimpinan fakultas sangat menyadari bahwa SDM merupakan salah satu sumber daya terpenting dalam pengelolaan institusi fakultas. Harapannya visi dan misi fakultas bisa terwujud menjadi fakultas yang unggul di bidang Agroindustri dari dukungan sumber daya manusia khususnya dalam hal pelayanan.
“Setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan pemahaman dari tenaga kependidikan tentang arti penting excellence service semakin baik , semakin meningkat sehingga benar-benar bisa menjadi bekal untuk meningkatkan dalam memberikan pelayanan dalam tugas sehari-hari sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing”, ujar Dr. Kuncoro.
Pelayanan prima atau Excellence Service adalah pelayanan yang tidak hanya memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, namun juga dapat melampauinya secara terkontrol dan berkesinambungan. Sasarannya tidak lagi kepuasan namun loyalitas pelanggan. Demikian yang disampaikan Ferry Anggara selaku pembicara dalam pelatihan tersebut. Master of Ceremony, Trainer Public Speaking – Personality Development, dan juga salah seorang presenter TVRI Yogyakarta tersebut juga menyampaikan bahwa meningkatnya tuntutan pelanggan, pelanggan yang dilindungi oleh hukum, pelanggan yang semakin pintar, dan banyaknya kompetitor lokal atau global yang “bermain” di lahan yang sama merupakan tantangan yang harus dihadapi saat ini dalam hal pelayanan prima.
“Banyak faktor yang dapat mendukung keberhasilan dalam pelayanan yang prima, antara lain penampilan yang serasi, gerak tubuh, ekspresi wajah dan cara merespon lawan bicara. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan Magic Words yaitu maaf, terima kasih, tolong, dan silahkan”, ujar Ferry Anggara sebelum mengakhiri pelatihan. (/Mtt)