• Tentang UGM
  • Simaster
  • Pusat TI
  • Perpustakaan
  • Penelitian
  • Surel
  • PPID UGM
  • Indonesia
    • Indonesia
    • English
Universitas Gadjah Mada Universitas Gadjah Mada
Fakultas Teknologi Pertanian
  • Tentang Kami
    • Pengantar
    • Sejarah FTP UGM
    • Visi dan Misi
    • Tujuan dan Sasaran
    • Struktur Kelembagaan
      • Senat Fakultas
      • Pengelola Fakultas
      • Pengelola Departemen
      • Pengelola Program Studi
      • Pelaksana Administrasi
      • Unit Manajemen Mutu (UMM)
    • Dies Natalis
    • Tenaga Pendidik
    • Kompetensi Lulusan
    • Fasilitas
      • Perpustakaan
    • Kerjasama
    • Kontak Kami
  • Pendidikan
    • Departemen
    • Program Studi
    • Program Pascasarjana
    • Akreditasi
    • Sistem Pendidikan
    • Persyaratan Menyelesaikan Studi
    • Panduan Akademik
    • Kalender Akademik
    • Summer School NUS & FH Upper Austria
    • SUMMER COURSE
    • Program Fast Track FTP
    • Penerimaan Mahasiswa Baru
  • Penelitian
    • Laboratorium
      • Inkubator
      • Uji Public Service
      • Pimpinan Laboratorium
    • Jurnal
    • Buku
    • Publikasi
  • Mahasiswa
    • Calon Mahasiswa
    • Organisasi Mahasiswa
    • Magang
    • Beasiswa
    • Layanan Mahasiswa
    • Pengajuan Aktivitas Mahasiswa dan SKPI
    • Yudisium dan Wisuda Program Sarjana
    • Layanan Akademik Online – Sarjana
    • Layanan Akademik Online – Pascasarjana
  • Alumni
    • Layanan Alumni
    • Karir
    • Survei Alumni
    • KAGAMA TP
  • Informasi Publik
  • Beranda
  • Sistem Pendidikan

Sistem Pendidikan

  • 27 Agustus 2018, 11.03
  • Oleh: admin
  • 0

Sistem Kredit Semester

Pelaksanaan pendidikan di FTP UGM menggunakan Sistem Kredit Semester, yaitu suatu sistem yang mengatur perencanaan, penyusunan, dan pelaksanaan program pendidikan dengan menggunakan kredit perkuliahan dan praktikum sebagai tolok ukur beban pendidikan. Setiap mata kuliah dan praktikum diberi bobot sesuai dengan keperluan untuk memenuhi pencapaian tujuan pendidikan. Dalam sistem kredit, beban studi yang harus diselesaikan oleh mahasiswa pada suatu jenjang studi dinyatakan dalam jumlah satuan kredit semester (SKS).

Berdasarkan adanya perbedaan minat, bakat, dan kemampuan antara mahasiswa yang satu dengan yang lain, maka cara dan waktu untuk menyelesaikan beban studi maupun komposisi kegiatan studi, tidak harus sama bagi setiap mahasiswa meskipun mereka duduk dalam tahun ajaran yang sama.

Tujuan pokok penggunaan sistem kredit semester adalah untuk :

  1. Memberikan kesempatan kepada para mahasiswa yang cakap dan giat belajar agar dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.
  2. Memberikan kesempatan kepada para mahasiswa agar dapat mengikuti kegiatan pendidikan yang sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuan.
  3. Mempermudah penyesuaian kurikulum terhadap perkembangan ilmu dan teknologi.
  4. Memperbaiki sistem evaluasi kecakapan mahasiswa.

Besarnya SKS untuk masing-masing kegiatan pendidikan ditentukan oleh banyaknya jam (waktu) yang digunakan untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut, yaitu sebagai berikut :

  1. SKS untuk Kuliah. Satu SKS kuliah setara dengan kegiatan pendidikan selama tiga jam dalam seminggu. Karena dalam satu semester ada 16 minggu, maka satu SKS sama dengan kegiatan pendidikan selama 48 jam dalam satu semester.
  2. SKS untuk Praktik Laboratorium. Perhitungan beban pendidikan yang menyangkut kemampuan psikomotorik dan kegiatan fisik, yang lazimnya dilakukan dalam kegiatan praktikum di laboratorium maupun lapangan, pada dasarnya sama dengan perhitungan untuk kegiatan kuliah. Perbedaannya yaitu 1 jam kuliah dianggap mempunyai beban yang setara dengan kegiatan fisik atau psikomotorik 2 – 3 jam. Dengan demikian maka 1 SKS kegiatan ini untuk mahasiswa sama dengan 2 – 3 jam kegiatan fisik atau psikomotorik ditambah dengan 1 jam kegiatan rangkaian, misalnya untuk pembuatan laporan dan 1 jam untuk keigatan mandiri sehingga jumlah keseluruhan adalah 4 – 5 jam seminggu atau 64 – 80 jam dalam satu semester. Apabila suatu kuliah disertai dengan praktikum maka SKS totalnya disusun sesuai dengan jumlah SKS masing-masing.
  3. SKS untuk Praktik Kerja Lapangan. Perhitungan SKS untuk praktik kerja lapangan atau pabrik ditentukan seperti SKS untuk praktik laboratorium yaitu 4 – 5 jam seminggu atau 64 – 80 jam dalam satu semester. Jika praktik kerja lapangan dilakukan dalam waktu yang cukup lama untuk menentukan SKS-nya perlu dipertimbangkan jam kerja rata-rata sehari yang benar-benar digunakan oleh mahasiswa di lapangan, sehingga bobot SKS-nya dapat terpenuhi.
  4. SKS Penelitian. Perhitungan SKS untuk penelitian guna menyusun skripsi serupa dengan perhitungan untuk kegiatan fisik dan psikomotorik (praktikum), yaitu 1 SKS penelitian adalah kegiatan selama 64 – 80 jam dalam satu semester. Penelitian yang harus dilaksanakan mahasiswa guna penyusunan skripsi untuk memperoleh gelar Sarjana Teknologi Pertanian (STP, program S-1) dinilai 5 – 6 SKS, termasuk penulisan skripsi dan ujian.

Beban studi maupun susunan kegiatan studi yang diambil oleh seorang mahasiswa dalam suatu semester tidak perlu sama dengan yang diambil oleh mahasiswa yang lain. Dalam menentukan beban studi setiap semester, seorang mahasiswa perlu memperhatikan kemampuan dirinya. Hal ini dapat dilihat dari hasil studinya pada semester-semester sebelumnya yang diukur dengan Indeks Prestasi.

Kalau seorang mahasiswa bekerja normal rata-rata 6-8 jam pada siang hari dan 2 jam pada malam hari, berdasarkan ketentuan 1 SKS untuk kegiatan kuliah, kegiatan fisik, dan psikomotorik, dan kegiatan pendidikan lainnya serta mempertimbangkan kegiatan sosial dan kemasyarakatan, maka idealnya beban pendidikan yang dapat diambil oleh seorang mahasiswa berkisar antara 16-20 SKS atau rata-rata 18 SKS setiap semester.

Berita Terakhir

  • FTP UGM Gandeng NUS dan FHUA dalam Summer School Global Logistics and Supply Chain Management 2025
  • FTP UGM Buka Kegiatan Summer School Bersama National University of Singapore dan University of Applied Sciences Upper Austria
  • Dosen FTP UGM Berkontribusi dalam Kegiatan Pengembangan dan Penerapan Inovasi Teknologi Pascapanen Tanaman Pangan di Siak, Riau
  • Southeast Asia Friendship Initiative Perkuat Kolaborasi Mahasiswa NUS dan UGM
  • FTP UGM Berkontribusi dalam Sosialisasi Konsumsi Pangan B2SA 2025 di Kulon Progo

Berita UGM

  • Dosen Geografi UGM Dibekali Strategi Mengajar Mahasiswa Gen Z  18 Juni 2025
  • Kisah Varen, Anak Pedagang Kantin Diterima Kuliah Gratis di UGM 18 Juni 2025
  • UGM Gandeng GL Zoo Kerja Sama Riset Plasma Nutfah Spesies Ikan Invasif dan Burung Unta 17 Juni 2025
  • 30 Mahasiswa UGM Siap Diterjunkan Melaksanakan KKN-PPM di Wakatobi 17 Juni 2025
  • Cerita Perjuangan Nazwa, Lolos Kuliah Gratis di UGM 17 Juni 2025
Universitas Gadjah Mada

UNIVERSITAS GADJAH MADA
FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
Jl. Flora No. 1 Bulaksumur
Yogyakarta, Indonesia 55281
+62 274 589797
+62 274 589797
fateta[at]ugm.ac.id

Info Fakultas

  • Rilis Berita
  • Agenda
  • Akademik
  • Kemahasiswaan
  • Perpustakaan
  • Beasiswa
  • Info Magang
  • Lowongan Kerja
  • Bantuan Hibah
  • Pengabdian
  • Seminar-Workshop

Departemen

  • Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian
  • Teknik Pertanian dan Biosistem
  • Teknologi Industri Pertanian

Layanan Akademik Online

  • Layanan Akademik Sarjana
  • Layanan Akademik Pascasarjana

Informasi Publik

  • Daftar Informasi Publik
  • Permohonan Informasi Publik

Jurnal

  • Agritech
  • Agroindustrial Journal
  • Indonesian Food and Nutrition Progress

© 2024 Fakultas Teknologi Pertanian UGM

Peta SitusAturan PenggunaanKontak

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY