Portal Akademika
IT Center
Perpustakaan
Webmail
      
      

TAWARAN PENELITIAN UNGGULAN PERGURUAN TINGGI TAHUN ANGGARAN 2015

Written by Suji. Posted in Fakultas, Berita.
10
Apr
2014

PEDOMAN

PENULISAN PROPOSAL

DAN PELAKSANAAN

No. MP-UGM-LPPM-BD1-2015-02

 

 

 

 

PENELITIAN UNGGULAN

UNIVERSITAS GADJAH MADA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Gadjah Mada

2014

KATA PENGANTAR

 

Pada tahun anggaran 2015 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada akan mengkoordinir dana penelitian Desentralisasi. Berdasar hasil pemetaan yang dilakukan oleh DIKTI pada tahun 2011. UGM termasuk dalam kelompok Perguruan Tinggi Negeri Mandiri, maka mulai tahun 2012 dana penelitian Desentralisasi UGM dialokasikan untuk Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi. Sebagai acuan pelaksanaan Program tersebut maka disusunlah Pedoman Penulisan Proposal dan Pelaksanaan Penelitian Unggulan Universitas Gadjah Mada.

Pedoman Penulisan Proposal dan Pelaksanaan Penelitian Unggulan Universitas Gadjah Mada ini berisi tentang Pendahuluan, Tujuan, Manfaat, Luaran, Susunan Organisasi/Tim Penelitian, Tatacara Pengajuan Usulan, Seleksi dan Evaluasi Proposal, Pelaksanaan dan Pelaporan, Jadual Kegiatan, dan Penutup. Dengan pedoman ini diharapkan mekanisme pengajuan proposal penelitian, mekanisme evaluasi, pelaksanaan penelitian, dan pemantauannya dapat dilaksanakan dengan efisien dan efektif. Selain itu diharapkan buku panduan ini juga dapat memperlancar pertanggungjawaban administrasi berbagai pihak terkait dan sama sekali tidak dimaksudkan untuk membatasi kreativitas para pengusul kegiatan.

Atas terbitnya pedoman ini kami menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua anggota tim penyusun dan berbagai pihak yang telah berperan aktif sejak penyusunan draf panduan sampai dengan terbitnya Pedoman Penulisan Proposal dan Pelaksanaan Penelitian Unggulan Universitas Gadjah Mada tahun 2015.

 

 

Yogyakarta,  26 Maret 2014

Ketua

 

Ttd

 

 

 

Suratman


 

DAFTAR ISI

 

Halaman

KATA PENGANTAR.............................................................................................. 1

DAFTAR ISI............................................................................................................. 2

  1. PENDAHULUAN............................................................................................ 3
  2. TUJUAN........................................................................................................... 4
  3. MANFAAT……………………………………………………………………      5
  4. LUARAN ………………………………………………................................. 7
  5. SUSUNAN ORGANISASI/TIM PENELITIAN............................................ 7
  6. TATACARA PENGAJUAN USULAN.......................................................... 7
  7. SELEKSI DAN EVALUASI PROPOSAL..................................................... 21
  8. PELAKSANAAN DAN PELAPORAN................................................................................................... 23
  9. JADUAL KEGIATAN..................................................................................... 24
  10. PENUTUP……………………………………………………………………... 25 

XI. LAMPIRAN……………………………………………………………………... 25         

 

 

 

PROPOSAL PENELITIAN UNGGULAN UGM

 

 

I.                   PENDAHULUAN

 

Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai perguruan tinggi terbesar di Indonesia harus menempatkan diri pada posisi terdepan dan menjadi trend setter pendidikan tinggi. Tuntutan dan harapan masyarakat mendorong UGM untuk berusaha menghasilkan produk penelitian sebagaimana tertuang dalam Rencana Strategis 2012-2017. Sejak 2012 UGM telah merumuskan tujuan diantaranya menjadikan UGM sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dengan reputasi internasional melalui produk penelitian yang menjadi rujukan nasional yang berwawasan lingkungan dan responsif terhadap permasalahan masyarakat, bangsa, dan negara yang berbasis pada nilai-nilai keunggulan riset. Adanya kegiatan penelitian di UGM diharapkan akan memberikan sumbangan pada kenaikan daya saing bangsa dalam kompetisi global.

Kegiatan Penelitian Unggulan UGM merupakan tanggapan atas kebijakan desentralisasi penelitian oleh Ditjen Dikti yang salah satu tujuannya adalah menciptakan keunggulan penelitian di perguruan tinggi. Penelitian ini harus mengacu pada isue strategis nasional maupun global yang meliputi 5 bidang unggulan yaitu: 1) Ketahanan dan keamanan pangan; 2) Sumber energi baru dan terbarukan; 3) Pengelolaan bencana dan lingkungan; 4) Kesehatan, penyakit tropis, gizi dan obat; dan 5) Sosial budaya, perdamaian, dan clean governance.Kegiatan penelitian ini termasuk kategori program swakelola dimana Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Ditlitabmas) Dikti memberikan block grant untuk pendanaan penelitian yang dilaksanakan di Universitas Gadjah Mada, sebagai Perguruan Tinggi Mandiri. Sasaran akhir dari penelitian ini adalah dihasilkannya inovasi teknologi pada bidang-bidang unggulan (frontier) dan rekayasa sosial guna meningkatkan pembangunan berkelanjutan pada tingkat lokal maupun nasional.          

 

II.                TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan Penelitian Unggulan UGM  adalah:

  1. Mensinergikan penelitian dengan kebijakan dan program pembangunan lokal/nasional/internasional melalui pemanfaatan kepakaran, sarana dan prasarana penelitian, dan atau sumber daya yang ada di UGM.
  2. Menjawab tantangan kebutuhan Ipteks-Sosbud oleh pengguna sektor riil.
  3. Membangun jejaring kerjasama antar peneliti untuk meningkatkan inovasi.
  4. Meningkatkan atmosfer penelitian interdisiplin di lingkungan UGM.
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah di jurnal internasional dan perolehan HKI.

 

III.             MANFAAT

Manfaat yang akan diperoleh UGM adalah:

  1. Diperoleh hasil-hasil penelitian strategis yang dapat berkontribusi langsung terhadap pemecahan masalah utama bangsa, negara, dan masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi institusi.
  2. Terciptanya atmosfer penelitian berbasis grup riset yang dapat menaikkan jumlah publikasi internasional dan atau HAKI dan buku.
  3. Membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir.

 

IV.             LUARAN

Luaran penelitian ini adalah:

  1. Luaran wajib:

–     Jumlah artikel ilmiah (1-2 judul) per tahun dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi/jurnal ilmial internasional; dan

–     Jumlah Tesis/Disertasi  (1-2 judul) atau Skripsi (2-4 judul) per tahun; dan

–     Naskah buku lengkap siap untuk diterbitkan.

  1. Luaran tambahan:

–     Perolehan HKI, dan/atau

–     Rumusan kebijakan/rekomendasi; dan/ atau

–     Kebijakan strategis yang terkait dengan pemecahan masalah bangsa, dan/atau

–     Metode/teknologi tepat guna/rekayasa sosial yang bermanfaat untuk pemberdayaan masyarakat.

  1. Luaran secara administratif adalah Laporan Akhir, Laporan Keuangan dan Logbook.

 

V.                SUSUNAN ORGANISASI/TIM PENELITIAN

Ketua              : Dosen UGM  mempunyai NIDN bergelar Doktor atau S-2 dengan

  jabatan sekurang-kurangnya Lektor Kepala.

Anggota          : Dosen UGM  mempunyai NIDN (minimal 1 (satu) anggota dan maksimal

  3 (tiga) anggota), salah satunya bergelar Doktor.

Laboran           : Sesuai kebutuhan

Administrasi    : Sesuai kebutuhan

 

VI.             TATA CARA PENGAJUAN USULAN

A.      Kriteria usulan

Kriteria usulan program Penelitian Unggulan UGM adalah sebagai berikut:

  1. Ketua dan anggota pengusul wajib memiliki NIDN.
  2. Ketua peneliti adalah Dosen UGM  mempunyai NIDN bergelar Doktor atau S-2 dengan jabatan minimal Lektor Kepala
  3. Anggota peneliti adalah dosen minimal berjumlah 1 (satu) anggota dan maksimal 3 (tiga) anggota, mempunyai NIDN, tidak sedang berstatus sebagai mahasiswa pascasarjana, salah satu anggota peneliti harus bergelar Doktor.
  4. Dalam pelaksanaan penelitian diharuskan melibatkan mahasiswa (Cantumkan jumlah mahasiswa per tahun yang akan terlibat dan judul tentantif skripsi/tesis/disertasi untuk masing-masing calon mahasiswa yang akan terlibat).
  5. Penelitian bersifat multi tahun dengan jangka waktu antara 2-5 tahun.
  6. Setiap pengusul hanya boleh mengusulkan satu judul penelitian, baik sebagai ketua atau sebagai anggota pada skema ini.
  7. Besarnya dana penelitian per judul untuk setiap tahunnya adalah maksimal Rp  200.000.000,00,
  8. Pengusul tidak memiliki tunggakan laporan penelitian/keuangan sebelumnya.

 

 

B. Tata cara pengajuan usulan:

  1. Calon pengusul harus meng-entry-kan data ke website LPPM UGM dengan alamat URL: http://proposal.lppm.ugm.ac.id (dengan menggunakan username dan password email ugm.ac.id). Data isian ini sebagai dasar untuk mendaftarkan username dan password ke Simlitabmas.
  2. Setelah mendapat username dan password dari Simlitabmas kemudian buka http://simlitabmas.dikti.go.id, masuk ke menu Login Pengusul-Dosen di sebelah kiri.
  3. Setelah berhasil Login, selanjutnya klik “edit Usulan” digunakan untuk melengkapi identitas, judul usulan, atribut usulan, anggota peneliti, biaya, membuat lembar pengesahan dan beberapa isian data pendukung lainnya. Dalam tahapan ini, semua status isian harus lengkap. Kekurangan kelengkapan isian menyebabkan pengusul tidak dapat mengunduh lembar pengesahan yang disyaratkan dalam proposal usulan penelitian.
  4. Ketua Peneliti WAJIB meminta persetujuan kepada setiap Calon Anggota Peneliti untuk menjadi Anggota Peneliti. Proses persetujuan calon Anggota Peneliti menjadi Anggota Peneliti dilakukan melalui SIMLITABMAS di beranda pengusul, seperti pada gambar berikut.

 

Apabila proses persetujuan berhasil maka Calon Anggota Peneliti akan berubah status menjadi Anggota Peneliti yang dimaksud.

 

Apabila Calon Anggota Peneliti BELUM PERNAH mengusulkan Hibah Penelitian atau Pengabdian Kepada Masyarakat, maka yang bersangkutan tidak akan memiliki nama pengguna (username) dan password. Sehingga Calon Anggota Peneliti tersebut tidak akan dapat masuk ke SIMLITABMAS sehingga tidak dapat melakukan KONFIRMASI PERSETUJUAN sebagai Anggota Peneliti. Untuk dapat memasuki SIMLITABMAS dan melakukan konfirmasi persetujuan maka yang bersangkutan dapat meminta nama user dan password terlebih dahulu melalui Operator Perguruan Tinggi

  1. Unduh Lembar Pengesahan dan cetak Lembar Pengesahan sebanyak 4 lembar (3 lembar untuk dijilid dengan proposal, 1 lembar terpisah) kemudian Logout.
  2. Pengusul menyerahkan hardcopy proposal lengkap yang telah dijilid sebanyak 3 eksemplar dengan sampul Merah Tua dan 1 lembar pengesahan, selambat-lambatnya tanggal 28April 2014 pukul 12.00 WIB ke alamat berikut:

BagianPengelolaan dan Penjaminan Mutu Penelitian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Gadjah Mada

Gedung Pusat UGM Lantai 3 Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta.

Telp. 0274 – 552432, 520669, 6491972

Proposal lengkap termasuk didalamnya lembar pengesahan yang telah disahkan, biodata ketua dan anggota serta pernyataan ketua pengusul yang telah ditandatangani, disimpan menjadi satu file dalam format pdf dengan ukuran maksimum 5 MB dan diberi nama NamaKetuaPeneliti_UGM_PUPT.pdf, kemudian diunggah ke http://simlitabmas.dikti.go.id, paling lambat tanggal 30April 2014.

C. Sistematika Usulan Penelitian

Usulan Penelitian Unggulan Perguruan Tinggi maksimum berjumlah 20 halaman (tidak termasuk halaman sampul, halaman pengesahan, dan lampiran), yang ditulis menggunakan font Times New Roman ukuran 12 dengan jarak baris 1,5 spasi kecuali ringkasan satu spasi dan ukuran kertas A-4 serta mengikuti sistematika sebagai berikut.

 

 

 

Bidang Unggulan*:

.........................

Kode/Nama Rumpun Ilmu**:

.........................

 

 

 

USULAN

PENELITIAN UNGGULAN UNIVERSITAS GADJAH MADA

TAHUN ANGGARAN 2015

 

 

 

 

 

 

 

 

 


JUDUL PENELITIAN

 

 

 

TIM PENGUSUL

(Nama ketua dan anggota tim, lengkap dengan gelar dan NIDN)

 

 

 

 

 

UNIVERSITAS GADJAH MADA
April 2014

HALAMAN SAMPUL (Merah Tua)

*Pilih salah satu: 1) Ketahanan dan keamanan pangan; 2) Sumber energi baru dan terbarukan; 3) Pengelolaan bencana dan lingkungan; 4) Kesehatan, penyakit tropis, gizi dan obat; dan 5) Sosial budaya, perdamaian, dan clean governance.

**Lihat lampiran.


 

  1. HALAMAN PENGESAHAN

Halaman pengesahan diunduh dari program Simlitabmas.

  1. NOTA KESEPAHAMAN/MOU ATAU PERNYATAAN KESEDIAAN DARI MITRA (apabila ada mitra).
  2. SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI, seperti berikut:

 

SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                               :    ......................................

NIDN                              :    ......................................

Pangkat / Golongan        :    ......................................

Jabatan Fungsional          :    ......................................

                                                                            

Dengan ini menyatakan bahwa proposal penelitian saya dengan judul:

......................................................................................................................................Yang diusulkan dalam Penelitian Unggulan UGM untuk tahun anggaran 2015 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga/sumber dana lain.

 

Bilamana dikemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.

 

Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.

                                                                                    Yogyakarta, …………….2014

Mengetahui,

Ketua LPPM UGM                                                    Yang menyatakan,

 

Cap dan ttd                                                                 Materai 6000 & ttd

 

(Prof. Dr. Suratman, M.Sc.)                                                    (Nama Lengkap)

NIP. 195406061982011001                                                   NIP.....................

 

  1. DAFTAR ISI
  2. RINGKASAN (maksimum satu halaman)

Kemukakan tujuan jangka panjang dan target khusus yang ingin dicapai serta metode yang akan dipakai dalam pencapaian tujuan tersebut. Ringkasan harus mampu menguraikan secara cermat dan singkat tentang rencana kegiatan yang diusulkan.

  1. BAB 1. PENDAHULUAN

Uraikan latar belakang dan permasalahan yang akan diteliti, tujuan khusus, dan urgensi (keutamaan) penelitian. Pada bab ini juga dijelaskan temuan apa yang ditargetkan serta kontribusinya terhadap ilmu pengetahuan yang dalam hal ini terkait langsung dengan Penelitian Unggulan dan/atau Prioritas Riset UGM.

  1. BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA

Kemukakan state of the art dalam bidang yang diteliti, peta jalan (road map) penelitian pengusul yang mengacu kepada RIP atau Prioritas Riset atau bidang penelitian unggulan UGM sebagai acuan primer serta hasil penelitian yang up to date dan relevan dengan mengutamakan hasil penelitian pada jurnal ilmiah. Jelaskan juga studi pendahuluan yang telah dilaksanakan dan hasil yang sudah dicapai oleh pengusul.

  1. BAB 3. METODE PENELITIAN

Metode penelitian dilengkapi dengan bagan alir penelitian yang menggambarkan apa yang sudah dilaksanakan dan dicapai sebelumnya sesuai peta jalan penelitian perguruan tinggi. Akan lebih baik jika penyajian dapat dikaitkan dengan capaian peneliti yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk melanjutkan kegiatan penelitian yang akan diusulkan dan yang akan dikerjakan selama periode penelitian. Metode harus menjelaskan secara utuh tahapan penelitian yang jelas, luaran, indikator capaian yang terukur di setiap tahapan.

  1. BAB 4. LUARAN PENELITIAN

Luaran wajib: 1) Publikasi (tuliskan jumlah publikasi per tahun yang akan dihasilkan, rencana judul dan jurnal yang akan dituju untuk masing-masing judul publikasi); 2) Jumlah tugas akhir mahasiswa yang akan dihasilkan per tahun (tuliskan jumlah mahasiswa per tahun yang akan dilibatkan dan judul tentatif tugas akhir untuk masing-masing mahasiswa); 3) Buku (Tuliskan jumlah buku dan tahun ke berapa akan dihasilkan, serta  rencana judulnya).

Luaran tambahan: Tuliskan rencana luaran tambahan per tahun dari penelitian yang diajukan.

 

  1. BAB 5. BIAYA DAN JADUAL PENELITIAN

1.1         Anggaran Biaya

Anggaran biaya yang diajukan disusun secara rinci dan dilampirkan dengan format seperti pada Lampiran 1. Ringkasan anggaran biaya disusun sesuai dengan format Tabel berikut:

No

Jenis Pengeluaran

Biaya yang diusulkan (Rp)

Tahun I

Tahun ...

Tahun n

1

Honor tim peneliti (Maks. 30%).

 

 

 

2

Peralatan penunjang, ditulis secara terperinci sesuai kebutuhan (5-15%)

 

 

 

3

Bahan habis pakai, ditulis secara terperinci sesuai dengan kebutuhan (20-30%).

 

 

 

4

Perjalanan, jelaskan kemana dan untuk tujuan apa (15-25%)

 

 

 

5

Lain-lain: administrasi, publikasi, seminar, laporan, lainnya sebutkan (Maks. 15%)

 

 

 

Jumlah

 

 

 

Standar pembiayaan sesuai dengan SBU DIPA 2014 yang dapat diunduh di URL: http://www.renbang.ugm.ac.id/

1.2         Jadual Penelitian

Jadual penelitian disusun dalam bentuk bar chart untuk rencana penelitian yang diajukan dan sesuai dengan format berikut:

No

Jenis Kegiatan

Tahun I

Tahun ......

Tahun n

1

Kegiatan 1

1

2

3

...

...

12

1

2

3

...

...

12

1

2

3

...

...

12

2

Kegiatan 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

................

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Kegiatan ke-n

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka disusun berdasarkan sistem nama dan tahun, dengan urutan abjad nama pengarang, tahun, judul tulisan, dan sumber. Hanya pustaka yang dikutip dalam usulan penelitian yang dicantumkan di dalam daftar pustaka.

  1. LAMPIRAN-LAMPIRAN


 

Lampiran 1.   Justifikasi Anggaran Penelitian, dengan format sebagai berikut:

Rekapitulasi biaya yang diusulkan

No

Uraian

Jumlah (Rp)

1

Honor

 

2

Peralatan Penunjang

 

3

Bahan Habis Pakai

 

4

Perjalanan

 

5

Lain-lain

 

Jumlah

 

 

  1. 1.    Honor

Honor

Honor/Jam

(Rp)

Waktu

(jam/minggu)

Minggu

Honor per Tahun

(Rp)

Th I

Th ..

Th n

Ketua

 

 

 

 

 

 

Anggota 1

 

 

 

 

 

 

Anggota 2

 

 

 

 

 

 

Anggota ke n

 

 

 

 

 

 

SUB TOTAL (Rp)

 

 

 

  1. 2.    Peralatan penunjang

Material

Justifikasi

Pemakaian

Kuantitas

Harga

Satuan (Rp)

Harga Peralatan

Penunjang (Rp)

Th I

Th ..

Th n

Peralatan penunjang 1

 

 

 

 

 

 

Peralatan penunjang 2

 

 

 

 

 

 

Peralatan penunjang 3

 

 

 

 

 

 

........................

 

 

 

 

 

 

Peralatan penunjang n

 

 

 

 

 

 

SUB TOTAL (Rp)

 

 

 

  1. 3.    Bahan Habis Pakai

Material

Justifikasi

Pemakaian

Kuantitas

Harga

Satuan (Rp)

Biaya per Tahun (Rp)

Th I

Th ..

Th n

Material 1

 

 

 

 

 

 

Material 2

 

 

 

 

 

 

Material 3

 

 

 

 

 

 

...........

 

 

 

 

 

 

Material n

 

 

 

 

 

 

SUB TOTAL (Rp)

 

 

 

  1. 4.    Perjalanan

Material

Justifikasi

Perjalanan

Kuantitas

Harga

Satuan (Rp)

Biaya per Tahun (Rp)

Th I

Th ..

Th n

Perjalanan ke

tempat/kota – A

Survei/sampling/dll.

 

 

 

 

 

Perjalanan ke

tempat/kota – n

 

 

 

 

 

 

SUB TOTAL (Rp)

 

 

 

  1. 5.    Lain-lain

Kegiatan

Justifikasi

Kuantitas

Harga

Satuan (Rp)

Biaya per Tahun (Rp)

Th I

Th ..

Th n

Lain-lain (administrasi, publikasi, seminar, laporan, lainnya sebutkan)

Survei/sampling/dll.

 

 

 

 

 

SUB TOTAL (Rp)

 

 

 

 

TOTAL ANGGARAN YANG DIPERLUKAN SETIAP TAHUN

Th I

Th ..

Th n

(Rp)

 

 

 

 

TOTAL ANGGARAN YANG DIPERLUKAN SELURUH TAHUN (Rp)

 

                 

 

Lampiran 2.   Dukungan sarana dan prasarana penelitian, menjelaskan fasilitas yang menunjang penelitian, yaitu prasarana utama yang diperlukan dalam penelitian ini dan ketersediannya di perguruan tinggi pengusul. Apabila tidak tersedia, jelaskan bagaimana cara mengatasinya.

Lampiran 3.   Susunan organisasi tim peneliti dan pembagian tugas, seperti berikut:

No

Nama/NIDN

Instansi Asal

Bidang Ilmu

Alokasi Waktu

(jam/minggu)

Uraian tugas

1

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

Lampiran 4.   Biodata ketua dan anggota, seperti berikut:

BIODATA  PENGUSUL PENELITIAN UNGGULAN UGM

 

  1. Identitas Diri

1

Nama Lengkap (dengan gelar)

 

2

Jenis Kelamin

L/P

3

Jabatan Fungsional

 

4

NIP

 

5

NIDN

 

6

Tempat dan Tanggal Lahir

 

7

E-mail

 

8

Nomor Telepon/HP

 

9

Alamat Kantor

 

10

Nomor Telepon/Fax

 

11

Lulusan yang telah dihasilkan

S-1= ......orang; S-2=....orang; S-3=....orang

12

 

Mata kuliah yang diampu

1

2

3

Dst.

 

  1. Riwayat Pendidikan

 

S-1

S-2

S-3

Nama Perguruan Tinggi

 

 

 

Bidang Ilmu

 

 

 

Tahun Masuk – lulus

 

 

 

Judul Skripsi/ Tesis/Disertasi

 

 

 

Nama Pembimbing/Promotor

 

 

 

 

  1. Pengalaman Penelitian dalam 5 Tahun Terakhir

(bukan Skripsi, Tesis, maupun Disertasi)

No.

Tahun

Judul Penelitian

Pendanaan

Sumber*

Jml (juta Rp)

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

  • Tuliskan sumber pendanaan baik dari skema penelitian DIKTI maupun dari sumber lainnya.

 

  1. Pengalaman Pengabdian kepada Masyarakat dalam 5 Tahun Terakhir

No.

Tahun

Judul Pengabdian kepada Masyarakat

Pendanaan

Sumber*

Jml (juta Rp)

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

  • Tuliskan sumber pendanaan baik dari skema pengabdian kepada masyarakat DIKTI maupun dari sumber lainnya.

 

  1. Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal dalam 5 Tahun Terakhir

No.

Judul Artikel Ilmiah

Nama Jurnal

Volume/

Nomor/Tahun

1

 

 

 

2

 

 

 

3

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

  1. Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) dalam 5 Tahun Terakhir

No.

Nama Pertemuan Ilmiah/Seminar

Judul Artikel Ilmiah

Waktu dan Tempat

1

 

 

 

2

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

  1. Karya Buku dalam 5 Tahun Terakhir

No.

Judul Buku

Tahun

Jumlah Halaman

Penerbit

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

 

 

Dst.

 

 

 

 

 

  1. Perolehan HKI dalam 5-10 Tahun Terakhir

No.

Judul/Tema HKI

Tahun

Jenis

Nomor P/ID

1

 

 

 

 

2

 

<

Berita terkait

Link